Seseruput Kehangatan Bakmi Jawa Mbah Noto Wonosari

Posted: August 1, 2014 in Kuliner
Berfoto bersama Mbah Noto, si pemilik Usaha Bakmi Jawa ini

Berfoto bersama Mbah Noto, si pemilik Usaha Bakmi Jawa ini

Gunungkidul selain terkenal dengan obyek wisata alamnya juga sangat tersohor dengan tempat-tempat makan yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Bakmi Jawa Mbah Noto yang terletak di Logandeng, Playen, Gunungkidul atau lebih tepatnya apabila anda bepergian dari arah Yogyakarta lokasinya sekitar 1 KM sebelum tugu “Selamat Datang di Wonosari” dan berada di kiri jalan. Bakmi Jawa Mbah Noto ini buka dari pukul 14.00 s.d. 24.00. Sebagai salah satu pecinta Bakmi Jawa Godog, saat kunjungan kerja ke Wonosari sekitar 5 hari yang lalu saya tidak lupa untuk menyempatkan mampir ke Bakmi Jawa ini walaupun saya sendiri sudah beberapa kali mampir untuk mencicipi bakmi godog disini.

Kedai Bakmi Jawa ini seperti kedai-kedai Bakmi Jawa lainnya di Yogyakarta yang sangat terkenal seperti Bakmi Jawa Mbah Mo dan Bakmi Jawa Kadin tempatnya berkonsep sederhana dan bernuansa ndeso. Disini anda bisa memilih untuk duduk dikursi ataupun lesehan. Pada saat saya datang sekitar pukul 17.00 petang hari, tempat ini sedang penuh oleh para pengunjung baik untuk parkir mobil dan tempat duduk yang penuh terisi sehingga saya menikmati Bakmi Godognya di pelataran halaman kedai ini.

Setelah kita duduk, kita akan didatangi oleh para pramusaji yang menanyakan pesanan kita. Menu makan di Bakmi Mbah Noto ini diantaranya adalah Bakmi Godog, Bakmi Goreng, Ayam Goreng, Nasi Goreng, dan Magelangan serta Soto. Sementara itu menu minumannya yang paling khas untuk dinikmati di Gunungkidul seperti biasa adalah teh poci, namun apabila anda menginginkan es jeruk, es teh, dll tentunya ada disini.

Saya dan seorang teman saya memesan Bakmi Godog dengan pelengkap minuman teh poci. Setelah 15 menit berselang Bakmi Godog yang kami pesanpun diantar beserta teh pocinya. Berikut tampilan dari Bakmi Godognya dan teh poci yang menemani kami makan. Bakmi Jawa Godog Mbah Noto Playen, Gunungkidul Bakmi Jawa Godog Mbah Noto Playen, Gunungkidul

Bakmi Jawa Godog Mbah Noto Playen, Gunungkidul

Bakmi Jawa Godog Mbah Noto Playen, Gunungkidul

Lihat Bakmi saja melalui foto ini saya sudah merasa lapar dan ingin menikmatinya lagi, seperti biasa makanan berkuah mie kuning dan bihun ini dilengkapi dengan kecambah, bawang goreng, kol, muncang, dan telor serta daging. Apabila anda menyukai pedas, anda bisa mengambil cabe berapapun yang ada dihadapan anda dengan cara memotong nya kecil-kecil wahhh nambah nikmat bakmi ini. Teh poci sendiri disajikan dalam teko kecil dan didalam gelas teh kita sudah terdapat sebuah gumpalan gula batu yang apabila dinikmati sangat manis sekali dan hangat. Menyeruput panasnya kuah Bakmi Godod dengan rasanya yang sangat enak dan yummi serta meminum hangatnya teh poci dengan ditemani sinar sore matahari menjadikan makan sore yang sekaligus makan malam saya kali ini benar-benar berkualitas (hehehe).

Teh Poci Mbah Noto

Teh Poci Mbah Noto

Sebagai informasi untuk bakmi godog ini harganya sangat murah dan lebih murah dibandingkan bakmi-bakmi godog terkenal lainnya di Yogyakarta. 2 Bakmi Godog yang kita makan dengan 2 teh poci ditambah 4 krupuk dan 2 kacang goreng kita hanya menghabiskan Rp 30.000,-. Hmmm, sangat murah tentunya. Sebelum pulang saya menyempatkan berbincang sejenak dengan Mbah Noto disudut kedai Bakmi ini dan meminta foto bersama.

Hal yang saya sayangkan dalam perjalanan ke Wonosari ini ternyata saya tidak membawa kamera dan handphone saya, semuanya tertinggal di Kantor Yogyakarta sehingga kualitas foto yang saya tampilkan diatas menggunakan HP yang resolusinya sangat rendah sehingga agak sedikit blur.

Oh ya jangan lupa apabila ke Wonosari anda harus berkunjung ke tempat makan yang sangat favorit dan terkenal disini yaitu Lesehan Nasi Merah Parigogo yang terletak di Semanu, Gunungkidul. Dan apabila ke Yogyakarta jangan lupa mampir ke Bakmi Jawa Mbah Mo Bantul, Bakmi Jawa Kadin yang berlokasi di tengah Kota Yogyakarta, Bakmi Jawa Mbah Hadi di Terban Yogyakarta (dekat UGM), dan Bakmi Jawa Pele di Alun-alun Selatan Yogyakarta. Bakmi-bakmi Jawa tersebut sangat direkomendasikan karena cita rasanya maknyusss tenan.

Demikian cerita saya kali ini, selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s