Menikmati Puncak Tertinggi Cincinnati Beserta Sejarahnya Untuk Amerika

Posted: April 20, 2014 in Backpacker
Negara Bagian Ohio

Menikmati Kota Cincinnati Dari Pinggir Ohio River di Newport, Kentucky

Dalam perjalanan saya ke Amerika Serikat sekitar hampir 4 tahun yang lalu, saya berkesempatan untuk berkunjung ke sebuah Kota di barat daya Negara Bagian Ohio yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Kentucky. Kedua Negara Bagian ini hanya dibatasi oleh sebuah sungai besar bernama Ohio River. Kota ini mempunyai sejarah tersendiri bagi Amerika pada abad ke 19 ketika pada saat itu masyarakat Amerika masih mengenal perbudakan (Slavery). Oleh karena itu tidak salah ketika pada Agustus 2004 dibangunlah National Underground Railroad Freedom Centersebuah museum di tengah Kota Cincinnati dipinggir Ohio River untuk menghargai dan memperingati ribuan para budak yang melarikan diri menyebrangi Ohio River untuk mencari kebebasan ke kota ini. Kota ini juga dijuluki sebagai “Paris of America” seperti halnya Bandung di Indonesia disebut juga Paris Van Java karena di Cincinnati ini pada akhir tahun 1800an banyak terdapat koleksi arsitektur bersejarah dan salah satunya adalah “The World’s Largest Collection of italianate Architecture seperti halnya di New York, Vienna, dan Munich.

Cincinnati Donald W. Murphy

Gambar 1 (Kanan Atas) Foto bersama President Freedom Center dan Istri ; Gambar 2 Menikmati Freedom Center dipandu langsung oleh President Freedom Center ; Gambar 3 Foto Bersama Pani di Bagian Belakang Freedom Center ; Gambar 4 Foto dari pelataran lantai atas Freedom Center dengan background Ohio River dan Newport Negara Bagian Kentucky

Saya mungkin tidak akan membahas terlalu jauh tentang Kota ini karena saya yakin dapat dibaca dari berbagai laman dan literatur di internet dan waktu berkunjung saya yang tidak terlalu lama. Saya tinggal di Kota ini selama 3 hari dan 2 malam, atas kerjasama dari kampus tempat saya belajar saya berkesempatan untuk tinggal dirumah salah satu orang penting di Kota ini mungkin bahkan orang penting di Amerika. Beliau adalah Donald W. Murphy “CEO & President National Underground Railroad Freedom Center” yang telah saya sampaikan tadi di paragraf pertama. Namun kenapa museum ini dikatakan Underground Railroad Freedom Center karena Underground Railroad adalah sebuah jaringan dari rute rahasia dan tempat-tempat yang aman yang digunakan pada abad ke 19 oleh para budak kulit hitam di Amerika Serikat untuk melarikan diri ke negara-negara bagian yang bebas dan tidak mengenakan sistem perbudakan karena seperti yang kita tahun ada bagian-bagian dari states di Amerika yang pada abad ke 19 menerapkan sistem perbudakan dan ada negara-negara bagian yang menolak sistem ini sehingga atas derita perbudakaan yang dialami oleh African American maka mereka mencoba melarikan diri ke tempat aman dan bebas.

Didalam museum ini kita disuguhi sejarah Amerika dan sejarah perbudakaan di Amerika Serikat dari berbagai media ada lukisan-lukisan, video-video, artikel-artikel, patung-patung, alat peraga, bahkan rumah-rumah tempat tinggal para budakpun terdapat di Museum ini. Tidak hanya itu banyak sekali orang-orang besar dunia yang telah berjuang melawan penindasan, perbudakan, dan diskriminasi ras juga terpajang foto, patung, dan artikel-artikelnya disini, salah satunya sebut saja Mahatma Gandhi. Tujuan dibangunnya museum ini adalah untuk menumbuhkan dorongan untuk saling bekerjasama dan hidup bersama dalam budaya multiculture untuk mencapai universal freedom bagi AS dan dunia itu sendiri. Di Museum yang cukup megah dan berarsitektur ini terdiri dari beberapa lantai. Banyak sekali pengunjung dari anak-anak sekolah dan masyarakat umum yang berkunjung ke museum ini. Di Amerika, museum adalah salah satu tujuan wisata bagi masyarakat umum bersama keluarga dan anak-anak mereka. Setiap tahunnya museum ini kedatangan sekitar 180.000 pengunjung dan salah satu pengunjung yang sangat istimewa adalah His Holiness the 14th Dalai Lama yaitu Tokoh Spiritual Tibet yang juga peraih nobel perdamaian dunia pada tahun 1989 berkesempatan untuk hadir ke Museum ini sekaligus Dalai Lama menerima penghargaan International Freedom Conductor Award (IFCA) atas dedikasi kepemimpinannya dalam perjuangan tanpa kekerasan dalam pembebasan Tibet. Selain Dalai Lama penghargaan serupa juga pernah diberikan kepada Rosa Park aktivis HAM, serta Bill Clinton dan George H.W. Bush dalam kerjasama mereka dalam mengumpulkan donasi untuk Badai Katrina dan Tsunami Asia Selatan.

Free

Empat gambar diatas adalah sebagian isi dari National Underground Railroad Freedom Center yang terletak di Cincinnati, Ohio, USA

Setelah diajak berkeliling museum ini saya diajak untuk berkeliling kantor dan ruang kerja dari Mr. Murphy ini sebuah ruang kerja yang indah dan berkaca bening sehingga bisa melihat langsung ke Ohio River dan menikmati negara bagian Kentucky dari ruangannya. Pengkoleksi patung-patung superhero ini juga menaruh patung-patung superhero berukuran kecil didalam kantor dan meja kerjanya berbaris dengan foto-foto beberapa tokoh Amerika terkenal dan salah satunya adalah fotonya bersama Operah Winfrey. Sebagai informasi tambahan di museum ini juga terdapat Gift Store sehingga teman-teman yang berkunjung kesini dapat membeli pernak-pernik untuk dibawa pulang dan buku-buku inspiring inspiring yang dijual tentang HAM dan kebebasan.

Untuk masuk ke Museum yang buka dari jam 11 siang s/d 5 sore ini harus membeli tiket seharga 14$ untuk dewasa dan 10$ untuk anak-anak namun kala itu saya gratis karena saya bersama President-nya langsung dan sebuah kesempatan istimewa dan langka saya diajak berkeliling langsung dan ditemani langsung oleh President-nya melihat setiap detail dari museum ini. Very great thanks Mr. Donald W. Murphy for accompaniying me and Pani discover your museum and office. Thanks very much and I do appreciate it.

Carew Tower

Carew Tower

Setelah menikmati kemegahan museum ini saya dan seorang teman saya diajak berjalan kaki ke pusat kota Cincinnati yang berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki untuk naik Carew Tower puncak tertinggi Kota Cincinnnati. Carew Tower adalah menara tertinggi di Cincinnati dengan ketinggian 175 meter atau sekitar 574 kaki dan memiliki 49 lantai. Gedung yang dibangun pada tahun 1929 ini bergaya arsitektur Art Deco ini sangat mirip sekali dengan Empire State Building yang terletak di New York City. Setelah kita memasuki gedung ini kita akan menaiki lift super cepat menuju lantai 45 dan kemudian dari lantai 45 ini kita berpindah ke sebuah lift yang ukurannya sangat jauh lebih kecil dan hanya terdapat 1 lift untuk bergantian menuju lantai 48 dan dari lantai 48 sendiri kita akan berjalan kaki menuju Observation Deck diatap gedung ini. Dari atap gedung ini terdapat sebuah tempat untuk membeli tiket untuk menikmati keindahan dan kemegawan dari Kota Cincinnati ini.Harga tiket sendiri adalah sangat murah yaitu hanya sebesar 2$ saja untuk dewasa. Dari lantai ini kita merasa paling tinggi diantara gedung-gedung pencakar langit yang ada di Kota ini. Kita bisa melihat Kota Cincinnati dari berbagai sisi, kita juga bisa melihat Newport sebuah kota kecil di negara bagian Kentucy sebelah utara. Ohio River sangat terlihat jelas dari menara ini dan jembatan-jembatan yang menghubungkan kedua negara bagian Ohio dan Kentucky yang sangat mirip Tower Bridge di London semakin membuat pemandangan semakin eksotis. Perlu diketahui angin di lantai ini cukup kentang namun tidak perlu kawatir karena lokasi ini cukup aman karena bertembok cukup tinggi, selain itu deck ini dilengkapi teropong jarak jauh seperti di Monas Jakarta untuk melihat objek nan jauh disana.

Pemandangan View dari Carew Tower Cincinnati

Pemandangan dari Puncak Tertinggi Cincinnati Carew Tower dari beberapa sudut. Gambar bawah kiri adalah sebuah Tower yang akan menjadi tertinggi di Cincinnati selanjutnya namun masih dalam pembangunan ; Gambar bawah kanan adalah Ohio River dengan background Negara Bagian Kentucky

Setelah menikmati menara ini cukup lama dan masih bersama Donald W. Murphy dan istri serta satu teman saya dari Indonesia Pani Zaristian kami turun untuk menuju alun-alun Kota Cincinnati yang bernama Fountain Square. Dari nama alun-alunnya sendiri kita sudah tahu apa yang akan ada disana, Fountain Square yah betul sekali disana terdapat air yang memancar dari sebuah patung besar yang dikelilingi oleh anak-anak kecil dihiasi dengan lampu berwarna keemasan ketika malam datang. Patung yang bediri pada tahun 1871 ini telah menjadi landmark dari Kota ini mempunyai nama lengkap Tyler Davidson Fountain Square. Sembari menikmati alun-alun ini yang banyak dipenuhi aktivitas warga dan muda-mudikami datang ke sebuah toko ice cream untuk membeli ice cream yang lokasinya sangat dekat dengan Fountain Square ini, nama dari toko ice cream ini adalah Graeters sebuah toko ice cream yang berasal dari Cincinnati dan menjual juga permen dan kue yang telah berdiri sejak tahu 1870. Berdasarkan situs wikipedia dan orang Amerika yang menceritakan kepada saya bahwa Oprah Winfrey sangat menyukai ice cream ini dan menjadi penggemar (fans) dari tokoini.

Ice Cream

Menikmati Ice Cream Graeters Asli Cincinnati (Seperti Getuk Aja Asli Sokaraja Banyumas) dan Foto di Depan Fountain Square Cincinnati

Setelah menghabiskan ice cream yang katanya terenak didunia ini (yang sampe sekarang saya lupa siapa yang bilang), kami segera kembali ke museum National Undergroud Railroad tempat dimana mobil kami di parkir untuk menuju pasar tradisionalpaling tua di Cincinnati yaitu Findlay Market untuk membeli bahan-bahan membuat Pizza yang akan kita buat bersama di rumah nanti untuk dinner kami dan keluarga Mr. Murphy. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Tambahan :

Saat ini gedung tertinggi di Kota Cincinnati adalah Great American Tower yang mempunyai ketinggian 202,7 m lebih tinggi sekitar 27 meter dari Carew Tower dan diresmikan pada Januari 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s