Apa yang anda pikirkan tentang mesin ATM?, saya pastikan secara sederhana anda akan menjawab bahwa mesin ATM adalah mesin untuk mengambil uang, atau mungkin bisa dijelaskan secara lebih luas bahwa mesin ini mengijinkan kita sebagai nasabah suatu bank untuk mengambil uang, mengirim uang, dan transaksi perbankan lainnya dalam waktu yang sangat singkat tanpa perlu dilayani oleh Seorang Teller. Saya juga sangat yakin hampir seluruh rakyat Indonesia sudah kenal dengan mesin unik ini karena selain mesin ini tersebar hingga pelosok desa, nilai fungsi mesin ini pada era sekarang memang sangat dibutuhkan untuk efisiensi dan efektifitas.

Menggunakan mesin ATM di Indonesia itu sangat nyaman, aman, dan setidaknya menenangkan. Pengguna mesin ATM disini dimanjakan dengan ruangan tertutup khusus yang bersih dan dilengkapi dengan pendingin ruangan sehingga selain kenyamanan-kenyamanan diatas mereka juga akan sangat terjaga privacy-nya (kecuali untuk ATM di Pusat Perbelanjaan). Namun hal ini berbeda ketika saya tinggal di Amerika Serikat beberapa bulan lalu, ATM disini biasanya berada di pinggir jalan dengan kondisi menempel di tembok pertokoan, bangunan umum, dan sekolah tanpa adanya penutup di kanan kiri atas bawah. Biasanya mereka hanya diatapi oleh atap bangunan yang ada disekelilingnya, namun tidak jarang pula saya menemukan beberapa mesin ATM yang atapnya sangat minim dan bahkan tidak beratap sehingga ketika hujan turun mesin ini akan basah terkena percikan air hujan.

Berdasarkan pengamatan saya dengan kondisi mesin ATM yang serba terbuka di negara yang sangat menjunjung tinggi privacy ini tidak membuat para penggunannya merasa risih dan kurang nyaman atas alasan keamanan dan privacy. Mereka dengan nyaman dan santainya mengambil duit di mesin itu walaupun kondisi disampingnya lalu lalang orang lewat. Begitupula saya ketika itu, saya tidak merasakan saya tidak nyaman menggunakan mesin-mesin ATM ini, saya merasa diri saya aman dan tidak perlu takut dengan kondisi disekitar dalam keadaan lingkungan yang ramai maupun sepi sekalipun. Kemudian pertanyaanya adalah, bagaimana apabila mesin ATM terbuka ini diadopsi disini, merasa nyamankah Anda?.

Kembali ke judul dari artikel ini “Mesin ATM Yang Pintar”, apa lagi yang pintar dari mesin ATM?, jelas-jelas mesin ini memang sudah pintar karena dapat mengeluarkan uang sendirinya J. Tapi ada yang unik karena kepintarannya ini dan saya kira patut saya “share” disini. Suatu hari ketika saya di Athens saya ingin mengambil uang dari Kartu ATM Debit Mandiri saya, kemudian karena ini adalah pengalaman pertama menggunakan ATM (Debit Card) di luar negeri maka saya tanyakan dulu kepada teman saya dimanakah saya dapat mengambil uang dan dengan kelipatan berapakah ATM disini biasanya. Setelah bertanya-tanya, saya akhirnya paham bahwa saya dapat mengambil uang dimana saja disini dengan catatan Mesin ATM yang akan kita gunakan harus sesuai logo yang ada di kartu ATM kita. Sebagai contoh, kartu debet Mandiri saya berlogo VISA, maka saya dapat mengambil uang saya ataupun belanja di seluruh dunia dengan menggunakan mesin ATM atau Mercant yang bertanda VISA. Sebagai informasi, kalau tidak salah Kartu Debet ATM BNI saya adalah berlogo MasterCard, sehingga ketika saya akan bertransaksi maka saya akan menggunakan provider yang menyediakan logo MasterCard.

Saya sempat berdebat dengan teman saya ini ketika saya menanyakan kepadanya berapa nominal kelipatankah uang yang akan keluar dari mulut ATM disini?Dia menjawab kelipatanya apa saja (everything), What???kemudian saya perjelas kembali??berapa kelipatan yang akan keluar?dia menjawab lagi dengan lebih pajang “kamu dapat mengambil uang berapa saja tanpa harus memperhatikan kelipatannya”. Ckckckck. Wow, terkejut seketika itu dan berulang-ulang saya tanyakan apakah benar seperti itu (Hehehe, Ndeso Ndesoooo). Karena seperti apa yang saya ketahui di tanah air, kelipatan nominal uang di ATM itu sudah ditentukan ada mesin yang berkelipatan 50.000 IDR, ada juga yang 100.000 IDR, dan bahkan nominal kecil 20.000 IDR alias tidak ada kelipatan yang bercampur dalam satu ATM. Jadi pada saat itu saya belum mudeng kalo mesin ATM disini (yang akan saya pakai) dapat keluar dalam berbagai nominal.

Okeh, hari berikutnya akhirnya saya datang ke sebuah ATM di Pusat Kampus yaitu di John Colhoun Baker University Center. Disana saya mencoba untuk mempraktekan apa yang telah dikatakan teman saya sebelumnya, pada saat itu saya akan mengambil uang sebesar 57 USD (kalau tidak salah ingat) dan trengtengggggg yang keluar adalah ada kelipatan uang 20 USD, 10 USD, 5 USD, dan kalau tidak salah 2 USD (dalam kelipatan 1 USD). Hahahaha. Pintar, uniq, dan lucu banget niy mesin ATM ahahahaha pengalaman yang sangat berharga. Tadinya saya takut kalau mesin ATM-nya akan menolak kelipatan dari jumlah tersebut namun tetap saya praktekan. Dan akhirnya bisa!Hahaha. Sekali lagi ini adalah mesin ATM yang pintar dan baik hati karena sesuai dengan permintaan nasabahnya. Ahahaha.

Oh iya sebagai info buat teman-teman yang pertama kali akan memakai ATM di luar negeri, berdasarkan beberapa pengalaman transaksi dengan jenis provider bank yang berbeda biasanya ketika kita memulai transaksi dengan memasukan kartu Mesin ATM akan melakukan loading yang cukup lama dan membuat sedikit bosan sebelum kita disuruh memilih menu yang ada. Tapi jangan kuatir karena itu tidak masalah, mungkin mesin ini harus terhubung dan membaca online dengan data kita J begitu kali yah jadi memang sangat lama. Beberapa kali juga ketika saya memasukan kartu ke Mesin ATM juga mesin menolak kartu kita dengan alasan yang dijelaskan dilayar monitor mesin ATM, namun cobalah beberapa kali lagi, yang penting kita yakin bahwa mesin ATM yang kita gunakan sesuai dengan logo yang ada di kartu kita. Tambahan, untuk melakukan pengambilan uang di luar negeri berdasarkan pengalaman menggunakan Bank Mandiri saya dikenai charge/biaya sebesar 20.000 IDR disetiap transaksinya. Namun, ATM pintar dan uniq yang saya temui di kawasan Athens itu tidak semuanya ada yang seuniq dan sepintar itu. Karena beberapa kali ketika saya transaksi di ATM lainnya saya mendapatkan kelipatan uang yang sudah ditentukan tertera didepan mesin itu, misal kelipatan USD 20.
Semoga cerita ini bermanfaat🙂

Comments
  1. nuniek says:

    Wah bermanfaat ini. Jd pengen nyoba. Btw ketika ambl duit di ATM, kurs nya “bersahabat” ga? Tq🙂

    • rakha says:

      Bos, ATM di Indonesia, Beberapa Puluh tahun yang lalu juga begitu kok, pada waktu transaksi ada pilihan untuk menentukan nominal pecahan yang kita ambil. pada waktu itu pecahan 10,20 dan 50. gak tahu nich sekarang kok pecahannya ditentukan.! ini kemunduran atau kemajuan yaaaaaaa….? hehehheheh

      • Erik Febrian says:

        Hehehe Iya Kah Bossss?
        Wahhhh mantebbb tuh Bossss…
        mkasih yah Bos atas info nya saya jadi tau🙂
        Kalo di US di mesin atm yang saya temui kita gak menentukan pilihan nominal uangnya namun kita tinggal nentuin aja nilainya berapa nanti akan keluar dengan berbagai kelipatan.
        ini kemunduran atau kemajuan yah Masss? hehe

    • Erik Febrian says:

      Bersahabat kok Mba🙂
      Gak mencekek karena itu kan sesuai dengan nilai kurs pada saat hari transaksi…
      Terus yang mencekek paling apabila Mba ambilnya dari kartu debet bank yang ada di Indonesia akan dikenakan Rp 20rb disetiap penarikan🙂
      Selamat mencoba

Leave a Reply

