BERBAGI PENGALAMAN CARA BOOKING TICKET ONLINE AIRASIA

Posted: April 20, 2011 in Backpacker
Tags: , , , , ,

Disini saya akan berbagi pengalaman kepada teman-teman semua tentang pemesanan tiket online untuk maskapai Airasia melalui internet. Sebelum melakukan booking online ini, pastikan teman-teman telah mengetahui tujuan kemana teman-teman akan pergi dan budget yang teman-teman sediakan untuk ini semua. Perlu teman-teman ketahui, dengan adanya booking online ini kita sangat dipermudah dalam merencanakan bahkan memesan tiket pesawat. Kita tidak perlu lagi datang ke counter maskapai atau ke Travel Agent untuk menanyakan harga tiket untuk perbandingan dan melakukan reservasi tiket. Dengan booking online ini, kita diberi kemudahaan tanpa harus membuang waktu dan biaya datang ke tempat pemesanan tiket fisik. Selain itu, proses pemesanan melalui internet ini tidak membutuhkan waktu yang lama, paling kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 8 menit untuk menyelesaikan seluruh pemesanan kita. Cepat bukan!!

Pertama, kita buka website airasia di www.airasia.com,pilih negara dimana kita tinggal sekarang tentunya Indonesia dan kemudian pilih Bahasa Indonesia. Setelah itu di sebelah kiri atas ada sebuah bar untuk melakukan reservasi tiket online, yang teman-teman perlu lakukan adalah pilih dan masukan tujuan kemana kita akan terbang, dari bandara keberangkatan (origin) dan di bandara mana kita akan mendarat, dengan dilengkapi tanggal penerbangan serta jumlah penumpangnya.

Langkah kedua, kita akan masuk ke pilihan jadwal penerbangan, disitu ada beberapa jadwal penerbangan dalam satu hari dan harga tiket (sebelum terkena biaya-biaya lain, seperti biaya administrasi, VAT, dll) dan pilihlah penerbangan yang kita kira tepat dan sesuai dengan rencana kita. Setelah kita klik salah satu jadwal penerbangan tadi, disebelah kanan atas secara otomatis akan muncul informasi tentang biaya total perjalanan kita setelah ditambahkan biaya-biaya lain tadi, seperti biaya administrasi, VAT dan iuran wajib jasa raharja. Pada langkah ketiga kita harus mengisi informasi identitas diri kita pada kolom-kolom yang telah disediakan di website, tentunya pengisian ini harus sesuai dengan identitas kita yang asli. Karena pada saat kita melakukan check in untuk mendapatkan boarding pass kita wajib menunjukan kartu identitas kita tentunya dilengkapi dengan kode booking. Airasia akan menolak apabila nama yang tertera pada e-ticket berbeda dengan identitas yang ditunjukan pada saat check in di Bandara. Masih di langkah ketiga ini, kita juga bisa mendapatkan layanan express boarding dan layanan bagasi tercatat serta asuransi penerbangan Goinsure Airasia.

Express boarding ini adalah layanan yang diberikan oleh Airasia sebagai Low Cost Carrier dimana penumpang yang menggunakan fasilitas ini akan diberikan kesempatan pertama untuk masuk kedalam kabin pesawat dan memilih tempat duduk yang diinginkan. Untuk mendapatkan layanan ini, penumpang dikenakan biaya sebesar Rp 45.000,- (penerbangan domestik). Sementara itu untuk layanan bagasi tercatat adalah penumpang dapat mencatat bagasinya terlebih dahulu melalui reservasi online ini dengan dikenakan charge sebesar Rp 15.000,- per bagasi, lebih hemat 50% daripada kita mencatat bagasi saat kita check in. Seperti yang kita ketahui kenapa Airasia menawarkan fasilitas ini semua, karena boarding pass yang akan kita terima tidak menunjukan nomer tempat duduk, sehingga penumpang dapat duduk dimana saja sesuai kehendak hati. Dan kenapa perlu melaporkan bagasi tercatat di saat reservasi tiket, karena pada setiap penerbangan Airasia, maskapai ini tidak menyediakan ‘free baggage’ yang biasanya berkisar antara 15 – 20 kg pada maskapai-maskapai lain, dan bagasi dihitung per item bagasi bukan kilogram.

Sedangkan asuransi Goinsure Airasia adalah asuransi dari PT Asuransi AIU Indonesia, salah satu member dari AIG (American International Group), dengan asuransi ini kita dilindungi dari beberapa ketidaknyamanan dalam penerbangan, seperti terjadinya kecelakan penerbangan, pembatalan penerbangan, keterlambatan penerbangan serta keamanan bagasi. Kita akan mendapatkan “ganti rugi” dari ketidaknyamanan tadi, tetapi tentunya yang diharapakan dari seluruh penerbangan adalah kenyamanan dan keselamatan.

Perlu diperhatikan, apabila kita tidak membutuhkan layanan Express Boarding dan Airasia Goinsure, kita bisa mengesampingkannnya dengan tidak mencontreng layanan ini. Dan apabila kita tidak membawa bagasi saat penerbangan kita, kita rubah tulisan ‘bagasi’ menjadi ‘tidak ada bagasi’.
Setelah mengisi dengan lengkap dan benar, kita akan dibawa kelangkah keempat, dimana langkah ini adalah langkah yang paling penting dan riskan. Kita harus memastikan bahwa kita sudah tepat memilih jadwal penerbangan dan setuju dengan seluruh syarat dan ketentuannya, tak kalah penting kita harus memastikan koneksi jaringan internet kita agar proses pembayaran tidak mengalami kegagalan. Ada beberapa cara pembayaran pada booking online di Airasia ini, kita bisa menggunakan kartu kredit, direct debit maupun e-gift voucher.

Untuk pembayaran dengan Direct Debit sampai dengan saat ini (untuk wilayah Indonesia) hanya bisa dilayani oleh Bank Mandiri dan dilakukan oleh nasabah Bank Mandiri yang telah tergabung dengan layanan internet banking mandiri. Apabila anda menggunakan fasilitas direct debit ini seperti saya, pastikan bahwa kita telah mengaktifkan kartu debit mandiri kita di toolbar Administrasi –> Authorized Payment pada halaman internet banking kita dan telah memiliki token mandiri fisik sebagai salah satu syarat perlu transaksi-transaksi di Internet Banking Mandiri.

Sebagai tambahan informasi, E-Gift Voucher yang saya tahu adalah voucher yang diberikan oleh Airasia kepada para penumpang atas masalah-masalah seperti keterlambatan penerbangan lebih dari 2 jam. Secara otomatis, penumpang yang mengalami keterlambatan penerbangan tersebut akan mendapat E-Gift Voucher sebesar Rp 500.000,- yang dapat digunakan untuk melakukan pemesanan tiket kembali dalam jangka waktu 3 bulan dengan jumlah E-Gift Voucher tadi.

Comments
  1. ariefirnanda says:

    mas tolong jelasin bayar yang pake internet banking mandiri ya. saya belum jelas, kebetulan saya udah ada token. mohon bantuannya

    • Erik Febrian says:

      Saya sendiri sudah lama sekali tidak menggunakan internet banking mandiri dan sudah lama tidak membeli tiket di air asia,
      mungkin saat ini ada perubahan dll saya tidak bisa memastikannya,
      yang jelas pada saat pembayaran tiket dulu sangat mudah kita hanya perlu mengikuti seluruh tahapan dari booking hingga pembayaran via web air asia dan connect ke token dan internet banking mandiri juga lewat web air asia kok. saran saya coba saja dulu masuk untuk booking lalu jalan sesuai alur pasti berhasil!
      Sukses ya

    • Erik Febrian says:

      Mas Arief untuk pembayaran lewat internet banking mandiri di Airasia cukup mengikuti semua prosedur pada saat kita sudah menentukan destinasi dan tanggalnya teruskan saja ke harga dan pengisian biodata diri dari sana nanti akan dihubungkan langsung oleh airasia ke internet banking mandiri dan ada perintah untuk masukan token dll nya disana jadi ikuti saja sambil mencoba.

  2. halooo boleh minta info tentang bayar air asia pake kartu kredit? Gimana caranya ya? apa kartu kredit yg belom didaftarin di verified by visa (kalo CC VIsa) bisa dipake? kode/info apa aja dr kartu kredit yg perlu dimasukin ke form pembayaran? thx :)

    • Erik Febrian says:

      Saya sendiri sudah lama tidak menggunakan air asia untuk penerbangan selama ini jadi sudah jarang booking by online.
      Tapi sebagai informasi saja booking by Credit Card itu akan lebih mudah stepnya dibandingkan dengan debet card. Believe it!!!
      Selamat mencoba!

  3. karina says:

    mas saya mau booking utk 4 orang, saya hanya perlu ambil bagasi utk 1 orang aja kan? yg 3 org ga usah pake bagasi kan? kan bisa nebeng ke yg pake bagasi ya? thx mas

    • Erik Febrian says:

      Selama ini saya menggunakan penerbangan baik didalam dan luar negeri, antara satu penumpang dan penumpang lainnya walaupun itu grup bagasinya sendiri-sendiri Mba Karina.
      Namun sebenarnya bisa aja sih digabungin jadi satu hehe biar efisien asal tidak melebihi kapasitas yang ditentukan maskapai. Sejauh yang saya tahu juga untuk airasia tidak ada masalah misal ketika kita booking kita tidak menggunakan bagasi tidak ada masalah.

  4. ruby says:

    tlg info mas, via debit BCA bisa gak ya? tks

    • Erik Febrian says:

      Saya kira sekarang Airasia lebih banyak lagi kerjasamanya.
      Sekarang saya kira airasia sudah mengembangkan lagi ke pembayaran via atm seperti yang dilakukan lion dan maskapai lainnya.
      Coba di buka web air asia nya terus masuk ke galeri pembayara disitu biasanya maskapai memberi tahu untuk membayar dengan jenis apa.
      ato kalo enggak pura-pura membeli tiket dulu saja juga gpp, masuk login dan isi semua form, setelah baru masuk ke pembayaran kan akan terlihat pembayaran dimana saja. kemudian kalo tidak ada yang pas bisa di cancel
      Begitu yang bisa saya jawab

  5. denizaneZA says:

    saya terakhir beli tiket airsi hanya tinggal teransfer lewat ATM saja cukup tpi tadi saya mau beli tiket airasi kok ngga ada pilihan BANKMANDIRI lagi ya untuk pembayaran ATM/DEBIT

  6. itsna says:

    saya mau tanya..

    1. biasanya online booking mengunakan internet banking mandiri bisa untuk tiket air asia apa saja (promo dan reguler)?

    2. pernah dengar kalau air asia itu murah tapi tambahan biayanya banyak, contoh pembelian kursi (kursi dimaksud disini bagaimana ya?, maksudnya total harga yang tertera di jadwal penerbangan pada sesaat setelah mengisi tempat tujuan dll, itu hanya total biaya untuk tiket saja? belum termasuk kursi, sub charge, pajak dan yang lain? atau jika ada tambahan biaya lainnya, biasanya apa saja?

    3. air asia memang tidak ada free bagasi bawaan dari pembelian tiket? maksud saya bagasi harus beli sendiri dengan pre booking atau di counter pada saat check in, begitu? .

    Terima kasih ^^

    • Erik Febrian says:

      Dear Reader,
      Internet banking mandiri bisa digunakan untuk keduanya tiket reguler ataupun promo yang ada di website airasia. Namun saat ini sepertinya airasia sudah tidak menggunakan internet banking mandiri kalo g salah sudah dengan payment nya BCA beberapa waktu yg lalu sempet ngecek
      Biaya yang tertera diawal adalah biaya sudah termasuk surcharge, dan itu sudah bisa membuatmu terbang mbak tapi terbang tanpa bagasi hanya badan saja dan carry on kiyang bisa dibawa ke kabin. Sementara tambahan biaya itu misal mbak mau ambil kursi sesuaiyg diinginkan alias pesan pengen duduk dimana, nambah makan diatas pesawat, dan nambah bagasi. Bagasi itu bs dibeli di online seperti yg td saya jelaskan bisa juga di counter namun dicounter biaya bagasi lebih mahal. Begitu yg bs saya jawab.

      • Terima kasih atas penjelasannya. sayang sekali sekarang sudah tidak bisa lagi menggunakan internet banking Mandiri. *tadi saya juga iseng mencoba booking penerbangan internasional, setelah sampai di item payment ternyata iya, hanya bisa menggunakan klik BCA, CC BCA dan CIMB niaga. jadi terpaksa harus membuat rekening di BCA dulu untuk membeli tiket promo* hehe..

        hal yang mau saya tanyakan lagi. kebetulan saya belum pernah membeli tiket peswat untuk perjalanan ke luar negri yang sistemnya melalui transit. misalnya saya ingin booking tiket jakarta- seoul dan transit di LCCT kuala lumpur menggunakan air asia, tadi saya sudah mencoba booking online tapi bingung dengan sistem pemilihan pesan bagasinya. karena ditawarkan ada 4 poin pilihan pesan bagasi. *kasus, saya ingin memesan tiket pulang pergi sekalian*

        berangkat dan pulang, transit di kuala lumpur

        CNG-KUL = pilihan 15kg, 20 kg, dan seterusnya………..
        KUL-INC = pilihan 15kg, 20 kg, dan seterusnya………..

        INC-KUL =pilihan 15kg, 20 kg, dan seterusnya………..
        KUL-CNG =pilihan 15kg, 20 kg, dan seterusnya………..

        yang saya bingung, kalau transit itu apakah bagasinya tidak terusan? maksud saya tidak usah pesan bagasi yg CNG-KUL ketika berangkat, dan KUL-CNG ketika pulang. karena bukannya sudah seharusnya “included yang KUL-INC dan INC-KUL” ??

        saya khawatir saya pesan double2 bagasi. kalau anda mengerti soal ini, mohon penjelasannya.

        keterangan : KUL : kuala lumpur, CNG : jakarta, INC : incheon, korea selatan

        Terima Kasih :)

      • Erik Febrian says:

        Baik akan saya coba jawab pertanyaan Mbak diatas.
        Untuk pesawat yang full service seperti Garuda, JAL, SQ, UA dll penumpang hanya cukup check in bagasi sekali dengan sistem check in through artinya semisal Mbak akan ke Seoul transit di Malaysia dulu sebutlah misal naik Garuda mbak akan bertemu bagasi mbak di Seoul. Artinya di Malaysia bagasi tidak aakan keluar dan harus check in ulang bahkan untuk pesawat full service dengan berbagai maskapai penerbangan pun bisa hanya dengan fasilitas chek in through tadi misal dari jakarta malaysia naik garuda dan dilanjutkan naik malaysia airlines itu tanpa perlu check in bagasi berkali kali.
        Sementara untuk airasia saya kurang tau apakah bisa check in through seperti pesawat full service diatas karena saya belum pernah. Namun rasa rasa nya sebagai pesawat low cost carrier sepertinya dari CGK Jakarta ke KUL LCCT bagasi harus turun dan diambil dulu oleh penumpang lalu di check in lagi pas mau ke ICN alias incheon seoul, begitu juga sebaliknya pas pulang. Apalagi tadi Mbak nyebutin ada 4 pilihan bagasi berarti artinya itu. Itu yg pertama saya harus jelaskan dulu.
        Untuk bagasimah pilih aja mbak sesuai kebutuhan 15 kilo berapapun.s sesuai kebutuhan aja
        Smg bs membantu jawaban sy

  7. rini says:

    mas sebelumny sy belum pernah naek air asia, sy liat pembayaranny ad processing fee, trus ad jg booking fee, artinya apa y mas, n pembayaranny bs pake debit bni, apa kl pake debit bank lain isa gak y mas, maksud sy dtransfer gt; satu lg mas kl tiket promo apa tdk dpt free bagasi kl < 15 kg? terimakasih sebelumnya

    • Erik Febrian says:

      Halo Mbak Rini selamat malam,
      sebenarnya apabila mbak mau mengetahui keseluruhan jawaban dari pertanyaan mbak, mbak bisa coba coba booking tiket di airasia dengan ya menggunakan nama lain dsb sampai dengan titik pembayaran..nanti dititik pembayaran bisa dibatalkan sehingga mbak bisa liat dulu seluruh informasi yang akan mbak lalui termasuk dengan biaya processing fee ataupun biaya fee kartu kredit dsb.
      Namun akan saya bantu sedikit jelaskan,sejauh yang saya tau processing fee atau booking fee adalah biaya untuk fasilitas biaya proses atau booking dari itinerary tiket yang mbak beli secara online ini bisa biaya pembayaran kartu kredit, ataupun sebenarnya biaya lain yang sebenarnya bukan biaya processing ataupun booking.seperti VAT (value added tax,) atau IWJR (Iuran Wajib Jasa Raharja). namun biasanya biaya ini sangatlah kecil,
      Tiket airasia yang saya tau itu gak pernah ada bagasi baik promo maupun reguler jadi mbak bisa memilih bagasi jenis berapa kilo yang mbak butuhkan dengan membayar sesuai dengan jenis bagasi yang mbak pilih.
      Demikian semoga menjawab

  8. inoer says:

    Mas mau tanya dunk, saya baru pertama pesan tiket online airasia, dan karna gaptek tadi saya ga sempat pilih kursi dan bagasi, masa iya saya terbangnya berdiri mas ga dapat kursi ??? please infonya dunk

    • Erik Febrian says:

      Kepada Yth Inoer,
      HEhehe tidak ada ceritanya terbang berdiri hehe
      memang iya apabila kita booking airasia reguler tanpa memilih hot seat biasanya kita tidak ada pilihan untuk nomer korsi. nomer korsi mbak akan didapatkan pada saat mbak check in di bandara dan mendapatkan boarding pass.
      demikian terima kasih

  9. yuls says:

    Mas yg baik. Kalau kita sudah web check in dan kita print boarding pass, apakah print e tiket msh perlu dibawa lg ke airport? Dan apakah saat web check in kita lgs mendapat no kursi? Tks

    • Erik Febrian says:

      Kalo boleh saya sarankan tetap harus dibawa itu tiket yang didapatkan dilengkapi boarding pas.
      Saya kurang tau kalo web checkin nya airasia. namun kalo maskapai lain kita bisa langsung memilih kursi semoga jawab ini membantu yah

  10. Kalau air asia masih bayar airpot tax gak gan?

  11. Yuni Maya Sari says:

    bagaimana cara mencetak tiket yg sudah dbooking???
    balas

  12. anggi says:

    mas yg d cetak yg kaya di atas kan ? tapi kan itu ada 6 halaman. apa semuanya dicetak ????

  13. hairuddin says:

    mas erik. mau tanya.
    1. nama saya di paspor kan cuma ada satu. misalnya, “YANTO”. terus di formnya itu ada masukkan nama belakang atau nama keluarga sesuai paspor. sedangkan nama saya di paspor cuma “YANTO” saja. itu gimana mas?

    2. kalau beli tiketnya orang lain misalnya mau pergi ke luar negeri. apa saya harus ikut beli juga apa? kan yang punya kartu kredit saya. apa sayaharus beli juga?

    • Erik Febrian says:

      Dear Mas Yanto…
      Untuk NAma Belakang Bisa dikosongkan saja Mas….
      namun sebagai gambaran Mas,
      ketika dahulu saya akan ke luar negeri pertama kali kebetulan nama teman saya katakan Darsono dari pihak pemberi beasiswa meminta nama tersebut dilengkapi nama belakang ayah sehingga nama nya misal menjadi Darsono Winasori apabila nama ayah orang tersebut Winasori. Namun itu sudah diantisipasi ketika akan membuat paspor.
      Sementara itu, kalo memang dipaspor sudah satu nama ya tidak masalah mas,
      Oh ya macam-macam mas tergantung maskapainya, ada maskapai yang meminta si pemilik kartu kredit harus ikut terbang ada juga yang tidak mensyaratkan itu. DAhulu, ketika Garuda Indonesia baru membuat fasilitas online di website si pemilik CC harus ikut terbang. Itu sebagai gambarannya, jadi tergantung maskapainya mas…coba di cari infonya di web

  14. alfina says:

    mas mau tanya kalo pesen tiket nya itu tenggang waktu pembayaran nya berapa lama yah?

    • Erik Febrian says:

      Itu tergantung Maskapai Alfina, bisa saja 1 jam atau 2 jam dari waktu booking atau bisa apabila pakai CC atau Mandiri Clickpay misalnya bisa dibayar pada saat itu juga.

  15. joko says:

    jk sdh pesan tiket tapi belum pesan bagasi dan makan, caranya gmn utk pesan tsb ? tk

    • Erik Febrian says:

      Saya biasanya apabila terbang dengan airasia pesan bagasi dan makan sambil booking tiket. Namun apabila Mas belum maka mas bisa datang ke counter bagasi dan mas akan membayar biaya bagasi. Sementara itu makanpun setahu saya bisa dimintakan di onboard. Trims

  16. irzanmz says:

    mas, saya sudah pesan dan bayar tiketnya tetapi setelah dilakukan pembayaran kenapa tiketnya belum dikirimkan ke email saya mas? mohon pencerahannya mas, terima kasih.

    • Erik Febrian says:

      Mas, saat ini saya jarang sekali memesan tiket Airasia melalui airasia.com
      namun saya biasanya melalui skyscanner atau tiket.com, traveloka, ataupun nusatrip.
      Melalui web yang tadi saya sebutkan diatas lebih memudahkan kita karena pilihan pembayaran lebih banyak baik melalui atm dll serta ada nomor komplain apabila tiket belulm terkirim.
      Untuk saran yang dapat saya berikan ke Mas mohon segera kontak call center Airasia nanti pasti mereka akan membantu dengan senang hati, dulu saya pernah menelpon ke call center dan layanannya juga cukup baik.

  17. jenny says:

    Boleh bagi pengalaman nya membeli bagasi airasia via online? Ini penerbangan pertama saya dan pada saat booking tiket teman saya tidak mendftrkan bagasi. Jadi saya harus beli sendiri. Thx.

    • Erik Febrian says:

      Hai Jenny,
      beli bagasi airasia seperti maskapai low-cost lainnya apabila belum di pesan via online, bisa Jenny bayar di airport, namun biayanya biasanya lebih mahal dibandingkan lewat online. Demikian Jenny semoga membantu

Leave a Reply

